Senin, 01 Oktober 2018

Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Pada Anak

Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Pada Anak

Selamat datang dan terimakasih telah datang ke website caramengatasilukamelepuhagarkering.com. Sebuah website yang menyediakan berbagai macam pelayanan pengiriman obat herbal baik di seluruh wilayah Indonesia hingga ke Luar Negeri. Sebelum lebih jauh membahas mengenai pengobatan, terlebih dahulu kami akan membahas mengenai Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Pada Anak



Luka bakar yang terjadi kepada anak bisa merupakan dari berbagai macam hal. Mulai dari bermain dengan benda panas, menyentuh cairan panas, hingga terjadi kontak langsung dengan api. 

Kebanyaka orang tua pastinya tidak mengiginkan anaknya mengalami hal-hal yang membuat mereka khawatir, salah satunya seperti mengalami cedera. Akan tetapi, ketika orang tua sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga anaknya dengan baik, justru anaknya sendiri yang membuat kecerobohan tersebut hingga terkena luka bakar. 

Seperti halnya menyentuh wajan, terkena cipratan kembang api, atau pun menyentuh air panas yang ada di dekatnya. Untuk itu, selalu ajari anak anda agar dapat menghindari permainan-permainan yang dapat menyebabkan sang anak menjadi terluka. 

Jenis-Jenis Luka Bakar

Untuk melakukan pertolongan pertama terhadap anak, diperlukan pengetahuan mengenai tingkatan luka bakar agar sang anak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang sesuai. Karena, luka bakar diharuskan untuk segera ditangani dengan cepat untuk memperkecil resiko kerusakan terhadap kulit. 

Luka Bakar Tingkat Pertama

Pada tingkatan ini, kategorikanya masih dapat dimasukan ke dalam ringan. Karena pada kategori ini hanya terjadi pada lapisan kulit bagian atas nya saja. 

Biasanya kulit akan ditandai dengan munculnya rasa nyeri, bengkak, warna kulit memerah, dan kulit kering tanpa terlihat adanya bekas luka. 

Secara umum, tingkatan pertama ini akan bisa sembuh hanya dalam 3-6 hari, tetapi kulit akan mengelupas dalam waktu 1-2 hari setelah terjadi luka bakar. Namun, jika ingin proses penyembuhan berjalan cepat dan efektif, disarankan untuk selalu intensif berkonsultasi dengan ahlinya.

Luka Bakar Tingkat Kedua

Tingkatan ini sudah termasuk ke dalam kategoris di bawah serius. Dikarenakan sudah menyerang kulit bagian bawah. Tidak hanya terlihat kulit yang melepuh dan memerah, namun pada tingkatan ini terjadi rasa sakit yang luar biasa. 

Dalam proses penyembuhan nya pun membutuhkan proses waktu yang cukup lama, dapat mencapai tiga minggu atau lebih. 

Luka Bakar Tingkat Ketiga

Nah, untuk tingkatan ini sudah jangan ditanyakan lagi mengenai kategorinya. Karena pada tingkatan ini sudah mengalami luka bakar yang paling serius. Hingga dapat melukai lapisan kulit dan jaringan di bawahnya. 

Hal ini membuat seseorang yang melihatnya menjadi ketakutan dan tidak tahan. Mengapa tidak, karena luka bakar pada tingkatan ini akan membuat kulit menjadi tampak kering dan berwarna putih, warna cokelat gelap bahkan tampak hangus. 

Pada tingkatan ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, hal ini disebabkan kerusakan pada syaraf terkadang dapat membuat mati rasa atau hanya sedikit rasa sakit di sekitar luka bakar. 

Penanganan Luka Bakar Terhadap Anak

Mungkin kebanyakan orang tua sering mengobati nya dengan menggunakan minyak goreng, odol, atau bahkan es batu. Hal tersebut justru akan meninggalkan bekas luka pada kulit sang anak. Berikut ini beberapa penanganan yang haru dilakukan orang tua, diantaranya : 

Bagi Penderita Luka Bakar Tingkat Pertama Pada Anak

- Dilarang menggunakan es batu untuk pengobatan, karena akan dapat merusak kulit yang terbakar. 

- Jangan dekatkan sang anak dengan api atau sumber panas lainnya. 

- Jauhkan pakaian dari area yang terbakar dengan segera. 

- Jangan memberikan minyak, odol, bubuk, mentega, atau obat apa kimia apapun pada luka. Karena akan memperparah luka bakar dan menyebabkan infeksi. 

- Basuh luka dengan air bersih, kemudian lakukan pengompresan selama 3-5 menit. 

- Apabila area yang terbakar kecil, pastikan tetapi bersih. Anda dapat menutupnya dengan perban selama 24 jam ke depan agar luka tetap steril. 

- Jangan memberikan sembarangan obat terhadap anak yang sedang mengalami luka. Hal itu akan dapat memicu timbulnya gejala penyakit lain. 

Bagi Penderita Luka Bakar Tingkat Kedua dan Ketiga Pada Anak

- Berikan air dingin dengan dibasuh atau dikompres di atas luka bakar selama 3-5 menit, kemudian tutup dengan menggunakan kain kering. 

- Tidak boleh memecahkan bagian kulit yang melepuh.

- Singkirkan semua pernak-pernik dan pakaian anak agar tidak mengangganggu luka bakar jika pembengkakan sudah terjadi. Apabila mengalami kesulitan, dapat memotong bajunya tersebut. 

- Lakukan langkah-langkah penanganan luka bakar pada tingkatan pertama. 

- Setelah melakukan penanganan pertama di rumah, sebaiknya dibawa ke tempat medis untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Mulai dari sekarang, jauhkan anak dari benda-benda yang dapat membuatnya cedera. Seperti kembang api, korek api, atau lilin yang menyala. 

Ketika pada saat akan memandikan anak, periksa terlebih dahulu suhu air dengan cermat. Selain itu, jauhkan anak dari sekitaran kompor atau dapu tanpa adanya pengawasan dari anda sebagai orang tua. Perlu diketahui dan diingat bahwa, hal ini sangat penting dilakukan agar sang anak tidak mengalami luka bakar. 

Untuk memaksimalkan proses penyembuhan yang sedang anda alami, silahkan BACA DISINI --> Cara Mengobati Luka Melepuh Agar Cepat Kering


Itulah informasi kesehatan yang dapat disampaikan mengenai Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Pada Anak. Semoga denga hadirnya informasi berikut ini dapat membantu proses penyembuhan penyakit yang sedang anda alami aamiin. ~SEMOGA LEKAS SEMBUH~.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klasifikasi Luka Bakar

Klasifikasi Luka Bakar Selamat datang dan terimakasih telah datang ke website  caramengatasilukamelepuhagarkering.com . Sebuah website ya...